Tuesday 7 February 2017

APA ITU AKUNTANSI?

Akuntansi sangat diperlukan di tiap sendi kehidupan ekonomi dan keuangan. Karena itu akuntansi menjadi bagian yang begitu penting khususnya pada para pelaku usaha. Akuntansi digunakan sebagai alat untuk memberikan kemudahan dalam aktifitas usahanya mereka. Maka menjadi perlu untuk setiap pihak, terutama para pelaku usaha tersebut untuk mempelajari apa itu akuntansi dan segala hal yang berkaitan dengan akuntansi.

Pengertian Akuntansi 

Akuntansi adalah
serangkaian kegiatan mencatat, mengelompokkan, mengidentifikasi, menyajikan dan melaporkan transaksi-transaksi keuangan. Singkatnya, akuntansi merupakan kegiatan mencatat transaksi keuangan.

Fungsi akuntansi adalah untuk menghasilkan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh pihak-pihak berkepentingan. Pihak berkepentingan yang dimaksud antara lain :

  1. Pihak internal perusahaan. Mereka antara lain direktur, manajer, para pemegang saham. Pihak ini berkepentingan dengan laporan keuangan dalam hal membaca dan melakukan analisa kondisi keuangan perusahaan. Gunanya untuk mengambil keputusan yang tepat demi kelancaran dan kelangsungan hidup perusahaan (prinsip akuntansi Going Concern). 
  2. Pihak eksternal perusahaan. Pihak lain dari luar perusahaan ini antara lain investor, kreditur, dan pemerintah. Investor berkepentingan melihat kondisi keuangan perusahaan untuk bisa menghasilkan keuntungan baginya berupa return (dividen). Kreditur berkepentingan mengetahui kondisi keuangan perusahaan apakah mampu untuk memenuhi kewajiban utangnya. Sedang pemerintah berkepentingan terkait masalah perpajakan yang harus dipenuhi perusahaan.

Akuntansi disebut juga seni mencatat transaksi keuangan, karena dalam akuntansi tidak ada standar baku yang harus dipakai dalam proses mencatat transaksi keuangan tersebut. Karena itu akuntansi disebut sebagai seni atau terdapat berbagai macam cara untuk mengaplikasikan akuntansi. Namun demikian, dalam proses pencatatan tersebut terdapat persamaan dasar akuntansi yang wajib dipenuhi oleh siapa pun pengguna akuntansi. Gunanya adalah untuk memperoleh informasi keuangan yang valid, mudah dibaca dan dipahami. Selain itu, persamaan dasar akuntansi adalah untuk mempermudah dalam memahami akuntansi. Persamaan dasar akuntansi tersebut yaitu :

Harta = Utang + Modal

Harta = aset yang meliputi kas, piutang, persediaan barang dagang, tanah, gedung, kendaraan, peralatan, perlengkapan.
Utang = kewajiban perusahaan yang meliputi utang dagang, utang jangka panjang
Modal = investasi para pemilik perusahaan

Output yang dihasilkan dari proses akuntansi adalah laporan keuangan yang wajib diwujudkan oleh pelaku usaha dengan menggunakan standar akuntansi. Laporan keuangan ini terdiri dari 5 jenis meliputi :

  1. Neraca
  2. Laporan Laba-Rugi
  3. Laporan Perubahan Modal
  4. Laporan Arus Kas
  5. Catatan Atas Laporan Keuangan 
Laporan lain sebagai pendukung laporan-laporan di atas adalah laporan penjualan dan laporan persediaan. Semua laporan tersebut yang berperan penting dalam kemudahan dan kelancaran operasional perusahaan.


No comments:

Post a Comment